BESWAN DJARUM

BESWAN DJARUM
Hotel Santikan Semarang

Sabtu, 31 Desember 2011


PAPAN FLANEL DAN BULETIN
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas:
Mata Kuliah    : Pengembangan Media PAI
Dosen  : Sukiman

oleh
Evi Hidayatin Ni’mah             09410081
PAI- B
FAKULTAS`TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERISUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2011

BAB I
PENDAHULUAN

            Media belajar merupakan bagian dari sumber belajar. Sumber belajar dapat berupa pesan, orang, alat, bahan, teknik, dan lingkungan. Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang fikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan pembelajar sehingga mendorong kegiatan belajar mengajar.
            Media pembelajaran merupakansegala sesuatu (manusia, pesan, alat/kejadian) yang berisi materi pengajaran, sebagai penyampaian informasi kepada peserta didik. Terdapat berbagaijenis media pembelajaran, diantaranya media pembelajaran yang tidak bisa di proyeksikan, media yang dapat diproyeksikan, media audio, media visual, media berbasis komputer, dan multimedia kid.
            Media pembelajaran mempunyai kontribusi dan peran yang cukup signifikan dalam proses belajar mengajar, oleh karenanya guru diharapkan mampu menggunakan dan memanfaatkan media secara maksimal. Di dalam makah ini akan dijelaskan salah satu dari jenis media grafis yaitu media papan flanel dan buletin.









BAB II
PEMBAHASAN
A.    Media Papan Flanel (Flannel Board)
Papan flannel adalah papan yang berlapis kain flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang, dilipat dan dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali. Papan flannel termasuk salah satu media pembelajaran dua dimensi, yang dibuat dari kain flannel yang ditempelkan pada sebuah triplek atau papan. Kemudian membuat guntingan-guntingan flannel atau kertas rempelas yang di letakkan di bagian belakang gambar.
Papan flanel adalah media grafis yang efektif untuk menyajikan pesan-pesan tertentu pula. Papan berlapis kain flanel ini dapat dilipat sehingga praktis. Gambar-gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dicopot dengan mudah sehingga dapat dipakai berkali-kali, selain gambar, dikelas-kelas permulaan sekolah dasar atau taman kanak-kanak papan flanel ini dapat dipakai pula untuk menempelkan huruf dan angka-angka karena penyajiannya seketika, selain menarik perhatian siswa penggunaan papan flanel dapat membuat sajian lebih efisien[1]
Flannel tersedia dalam berbagai variasi warna, murah, dan mudah didapat. Bahan laken (flet) dengan bulu-bulu halus juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti flannel walaupun biasanya harganya lebih mahal dibandingkan dengan flannel. Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna, pengembangan perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep memberi pesan tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan sejenisnya.




1.      Tujuan Pembuatan Papan Flannel
  1. Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna, pengembangan perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep memberi pesan tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan sejenisnya.
  2. Membantu pengajar untuk menerangkan bahan pelajaran.
  3. Mempermudah pemahaman pembelajar tentang bahan pelajaran.
  4. Agar bahan pelajaran lebih menarik.
2.      Pembuatan Papan Flannel
Bahan-bahan:
  1. Kain flannel/kertas rempelas/laken
  2. Papan atau triplek
  3. Lem
  4. Gunting
  5. Paku
  6. Gambar atau materi yang akan diajarkan.
3.      Cara pembuatan papan flannel:
  1. Siapkan papan atau triplek.
  2. Tempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken pada papan.
  3. Kumpulkan gambar yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan.
  4. Gambar yang akan digunakan bagian belakangnya ditempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken kemudian gambar tersebut ditempelkan pada papan sehingga gambar tetap melekat pada papan flannel.
4.      Kelebihan menggunakan papan flannel:
  1. Gambar-gambar dengan mudah ditempelkan.
  2. Efisiensi waktu dan tenaga.
  3. Menarik perhatian peserta didik.
  4. Memudahkan guru menjelaskan materi pelajaran.
  5. Dapat digunakan berulang kali.
5.      Kelemahan menggunakan papan flannel:
  1. Memerlukan waktu lama untuk mempersiapkan materi.
  2. Memerlukan biaya yang mahal untuk mempersiapkannya.
  3. Sukar menampilkan pada jarak yang jauh.
  4. Flannel/laken mempunyai daya rekat yang kurang kuat.
Contoh dari papan flanel


 






Gambar Langkah-langkah wudlu
Contoh papan flanel mata pelajaran akidah akhlak dalam materi akhlak terpuj. Dalam gambar di bawah menunjukkan gambar anak yang yang bergandengan mempunyai kerukunan.
B.     Media Papan Buletin (Buletin Board)
Papan buletin adalah papan yang khusus digunakan untuk mempertunjukkan contoh-contoh pekerjaan siswa, gambar,bagan,poster dan objek dalam bentuk tiga dimensi. Biasanya berukuran 160X80 cm. Papan bulletin seringkali ditempatkan di aula, cafetaria, dan kantor, tapi tempat utamanya adalah di dalam kelas. Umumnya kegiatan perancangan, tata letak, dan pemasangan isi pesan dalam papan bulletin itu menjadi tanggung jawab guru dan siswa.
Papan bulletin digunakan untuk menggambarkan penampilan umum dari suatu kelas. Bulletin board dapat berisi berita, pengetahuan, pesan singkat dan sebagainya. Jadi fungsinya hampir sama denganmajalah dinding hanya saja bulletin board banyak dipergunakan untuk pengetahuan yang sederhana. Bulletin boardmengandung 3 unsur yaitu : unsure dekoratif, motivasi, instruksional. Bulletin board dapat bersifat memotifasi siswa yaitu apabila dipergunakan untuk menempelkan karya siswasehubung dengan pekerjaan tertentu, misalnya : gambar siswa yang telah diwarnai, puisikarya siswa sendiri, dan sebagainya.[2] Karena itu harus menarik, rapi, up to date, dan dinamik. Papan bulletin menampilkan suatu aktivitas belajar yang sedang berlaku di ruangan itu. Oleh karenanya harus mempunyai fungsi pendidikan. Papan bulletin banyak dibuat dari bahan gabus linoluim, kain guni (burlap) atau bahan-bahan sejenis.
Berbeda dengan papan flanel, bulletin ini tidak dilapisi kain flanel tetapi langsung ditempel gambar-gambar atau tulisan-tulisan. Fungsinya selain menerangkan sesuatu, papan bulletin dimaksudkan untuk memberitahukan kejadian dalam waktu tertentu. Berbagai jenis media grafis yang telah dikemukakan di depan (gambar, poster, sketsa, diagram, chart) dapat dipakai sebagaiu bahan pembuatan papan bulletin. Selain itu, papan bulletin dapat dibuat dari pesan-pesan verbal tertulis seperti karangan-karangan (anak-anak), berita, feature dan sebagainya[3]
1.      Tujuan pembuatan Papan Buletin
  1. Memberi rangsangan pada kondisi kelas hingga menjadi menarik.
  2. Menciptakan kesiapan terutama untuk unit kerja yang baru.
  3. Memberi jalan keluar bagi siswa berbakat.
  4. Membangkitkan semangat dan moral kelas.
  5. Mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab di antara sesama siswa.
2.      Kelebihan Menggunakan Papan Buletin
  1. Meningkatkan minat belajar dan berkarya pada diri siswa.
  2. Menyatukan semangat kelas.
  3. Mendorong siswa untuk berkarya dan menciptakan produk, berinisiatif memecahkan masalah.
  4. Sarana berkompetensi.
3.      Kelemahan Menggunakan Papan Buletin
  1. Memerlukan waktu yang lama untuk mempersiapkan materi.
  2. Memerlukan biaya yang mahal untuk mempersiapkannya.
  3. Sukar menampilkan pada jarak yang jauh.




 



























BAB III
KESIMPULAN


Papan flannel adalah papan yang berlapis kain flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang, dilipat dan dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali. Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna, pengembangan perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep memberi pesan tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan sejenisnya.
Papan buletin adalah papan yang khusus digunakan untuk mempertunjukkan contoh-contoh pekerjaan siswa, gambar,bagan,poster dan objek dalam bentuk tiga dimensi. Biasanya berukuran 160X80 cm. Papan bulletin digunakan untuk menggambarkan penampilan umum dari suatu kelas. Bulletin board dapat berisi berita, pengetahuan, pesan singkat dan sebagainya. Jadi fungsinya hampir sama denganmajalah dinding hanya saja bulletin board banyak dipergunakan untuk pengetahuan yang sederhana
Dalam pembuatan papan flanel dan buletin mempunyai tujuan, fungsui, kelemahan dan kelebihan yang masing-masing telah dijelaskan dalam bab pembahasan.















DAFTAR PUSTAKA


Usman , M. Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Sadiman., Arief S. 1999. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sadiman , Arief S., R Raharjo Anung Haryono, dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.






[1] Arief S. sadiman, R Raharjo Anung Haryono, dan Rahardjito.  Media Pendidikan. (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), hal. 48-49
[3] Ibid, hal. 49.

1 komentar:

  1. Casinos Near Harrah's Cherokee Casino, NC - MapYRO
    A map showing 경산 출장샵 casinos and other gaming facilities located near Harrah's Cherokee Casino, located 군산 출장샵 in North Carolina, 경기도 출장마사지 50300 N.C. see 서귀포 출장마사지 activity. 광주 출장마사지

    BalasHapus